Kamis, 20 Juni 2019

Sumur Tua Kampung Talawid, Kec. Sibarsel

Oleh : Fredrik Dandel, ST.

Tak dapat disangkal, air dari sumur inilah yang telah membesarkan banyak orang di Kampung Talawid, Kecamatan Siau Barat Selatan.
Sumur Tua yang berada di Dalhung Humbia,
Kampung Talawid, Kec. Sibarsel.
Konstruksi bangunan sumurnya masih asli. Bahannya dari campuran batu, pasir dan kapur. Bahan dasar kapur biasanya dibuat oleh masyarakat setempat dengan membakar Karang/bualho di atas tungku pembakaran yang tersusun dengan kayu bakar, yang dalam bahasa dareahnya disebut dengan depuhang apu.
Keberadaan sumur ini lebih tua dari generasi kami yang lahir tahun 70an. Bahkan menurut beberapa orang tua yang yang masih hidup dan lahir Tahun 50an dan 40 an, Sumur tersebut telah ada sebelum mereka lahir.  
Sumur Yang sama di shooting dari dekat.

Semasa kecil sumur inilah yang menjadi pusat banyak orang untuk memenuhi kebutuhan air minum. Cara memperoleh air dilakukan dengan cara tradisional yaitu dengan menimba memakai timba kecil yang diikat dengan tali, diisi dalam ember, kemudian 2 ember yang berisi air tersebut dikatikan pada delhualeng (wadah bambu/kayu yang kedua ujungnya ditautkan tali atau besi), dipikul diatas bahu. 

Tak dapat diketahui siapa yang membuat / menggali sumur tersebut, sehingga menjadi suatu pekerjaan rumah bagi generasi sekarang ini untuk menyelidiki kebaradaan sumur yang diperkirakan umurnya telah melebihi 100 tahun tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar