Kamis, 24 Februari 2011

Tabernakel


Tabernakel (Kemah Suci) yang berarti tempat kudus adalah merupakan tempat tinggal Allah di tengah-tengah bangsa Israel di Padang Gurun. Sebelum Tabernakel didirikan, kita membaca tentang Kemah Pertemuan, yakni suatu tempat perjumpaan sementara dari Allah dengan umat-Nya (Kel. 33:7-11). Sarana Tabernakel dapat dibawah kemana-mana. Sarana itu masih dipakai lama sesudah bangsa Israel masuk di tanah Kanaan. Pada zaman Hakim-hakim tempat kudus itu ada di Silo (Yos. 18:1), pada pemerintahan Saul di Nob (1 Sam 21; Mrk. 2:25,26), dan kemudian hari di Gibeon (1 Taw. 16:39). Akhirnya ditempatkan oleh Salomo di dalam Bait Suci (1 Raj. 8:4).
Alat-alat Tabernakel antara lain adalah : Peti Perjanjian, Meja Roti Sajian, Pelita Emas (Kandil), Mezbah Dupa Emas, Rempah-Rempah Yang Berbau Harum, Tudung Tabernakel, Mezbah Korban Bakaran, Bejana Pembasuhan, Pintu Kemah, Pintu Tirai, Papan-papan Jenang Kayu Lintang, Pakaian Kesucian dari Imam Besar dan Imam-Imam serta peralatan lainnya.
Bahan-bahan yang dipakai untuk membuat Tabernakel dicatat dalam Kel. 25:3-7; 35:5-9.
Bahwa Tabernakel dibangun demi tujuan Allah, berarti Tabernakel mempunyai nilai perlambangan. Lambang-lambang itu merupakan lambang rohani yang diungkapkan kepada kita.
Tabernakel dalam bahasa Ibrani disebut "MISHKAN", dalam bahasa Yunani disebut "SKENE"
Pengertian daripada TABERNAKEL = "TEMPAT KEDIAMAN"
Wahyu 21 : 2 – 3 ; MEMPELAI WANITA TUHAN adalah TABERNAKEL ALLAH, yakni : TEMPAT KEDIAMAN ALLAH DITENGAH-TENGAH MANUSIA.
Yohanes 1 : 14 ; YESUS = FIRMAN yang menjadi daging adalah juga TABERNAKEL, yang BER-TABERNAKEL diantara kita.
Ibrani 8 : 1 – 5 ; TABERNAKEL YANG SEJATI ada didalam SORGA, dimana Imam Besarnya adalah TUHAN YESUS KRISTUS sendiri yang duduk disebelah kanan Takhta Yang Mahabesar di Sorga.
Musa harus membangun Tabernakel menurut contoh dan model yang diperlihatkan Allah padanya di atas gunung. Allah memperlihatkan padanya Tabernakel sejati yang ada di Sorga.
KESIMPULANNYA
TABERNAKEL adalah gambaran/bayangan dari KERAJAAN SORGA, TEMPAT KEDIAMAN ALLAH; atau Pengertian rohani daripada TABERNAKEL adalah KERAJAAN SORGA.



Sumber :
GPT Kristus Kasih Malang.org
SarapanPagi Biblika.com
Ensiklopedia Alkitab Masa Kini, Jilid I, Cetakan Ketujuh Juli 2002

2 komentar:

  1. kami harap bpk dapat menjelaskan alat2 tabernakel tiab alat dgn arti roahninya dan gambar alat tersebut dengan ayat alkitab sebagai pendukungnya trimakasih

    BalasHapus
  2. Trima kasih atas saran Saudara/i. Dalam blog ini saya juga telah menulis/menjelaskan tentang alat2 Tabernakel (TP, MDE, MRS dan KDE). Silahkan klik kategori "alat tabernakel" pada menu dibagian atas setelah judul blog ini. Thanx, JBU !!!.

    BalasHapus