Kamis, 18 April 2013

POTENSI AIR TANAH KOTA BITUNG


Ditulis kembali dari buku : Pertambangan dan Geologi Kota Bitung, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Kota Bitung, 2010.

A.    Hidrogeologi

Daerah Bitung yang umumnya disusun oleh tatanan batuan vulkanikklastik dan sebagian vulkanikmasif didalam kerangka struktur kerucut sangat ideal sebagai wadah penyalur dan penyimpan air dalam suatu siklus hidrologi, kandungan air dalam wadah geologi tersebut dipasok oleh curahan air hujan yang cukup tinggi didaerah ini oleh kendali posisi geografisnya didalam zona meridian yang beriklim tropis. Air ini disalurkan dan disimpan dalam bentuk :
-         Air permukaan
-         Air tanah
-         Mata air
Air tanah merupakan sumber air yang tersimpan pada lapisan tanah atau batuan pembawa air atau akuifer. Berdasarkan kedudukan akuifer ini didalam struktur tatanan batuan, maka air tanah dapat digolongkan kedalam 2 ( dua ) golongan yakni :
1.      Air tanah bebas
2.      Air tanah tertekan.
Air tanah bebas tersimpan pada akuifer yang bagian atasnya tidak tertutup oleh lapisan batuan kedap air, sehingga air tanah tersebut dapat berhubungan langsung dengan atmosfer. Sedangkan air tanah tertekan tersimpan pada akuifer yang diapit oleh lapisan batuan yang kedap air.
Batuan yang dapat bertindak sebagai akuifer adalah batuan yang bertekstur klastik kasar seperti lapisan batu pasir atau endapan pasir. Sedangkan lapisan batuan kedap air berupa batuan yang bertekstur klastik halus seperti lempung atau bertekstur masif seperti lava. Lapisan lempung dapat bertindak sebagai akuifer jika berstruktur kekar, demikian pula lava jika bertekstur vesikulaer atau kekar. Akuifer-akuifer yang terdapat di wilayah kota Bitung masuk dalam wilayah cekungan air tanah (CAT) Bitung-Ratahan.

B.   Cekungan Air Tanah

Potensi air tanah Kota Bitung,  berasal dari 2 cekungan air tanah (CAT) potensial yang terdapat di Provinsi Sulawesi Utara (diidentifikasi oleh Haryadi, T. dkk., (2003)), mempunyai potensi air tanah dangkal (tak-tertekan) + 834 x 106 m3/tahun, dan air tanah dalam (tertekan) + 59 x 106 m3/tahun.

Dua CAT di Kota Bitung adalah :

1.   CAT Bitung – Ratahan, antara lain meliputi daerah Kecamatan Aertembaga, Kecamatan Maesa, Kecamatan Madidir, Kecamatan Girian, Kecamatan Matuari dan bagian selatan Kecamatan Ranowulu (secara keseluruhan selanjutnya ke semua daerah pantai timur antara Bitung – Belang Minahasa Tenggara).
      Daerah imbuhannya adalah G. Klabat, G. Dua Sudara, pegunungan yang memanjang dari utara (Kauditan) ke selatan (Eris) dengan daerah Lepasan sepanjang pantai timur (Bitung – Belang) dan Selat Lembeh. 

2.   CAT Batu Putih, antara lain meliputi bagian sebelah utara Kecamatan Ranowulu (secara keseluruhan selanjutnya sebagian Lumpias dan Likupang Minahasa Utara).  
       Daerah imbuhannya adalah pebukitan Kecamatan Ranowulu s/d Dimembe.

Potensi air tanah cekungan air tanah di Kota Bitung

Cekungan Air Tanah
(CAT)
Potensi Air Tanah Dangkal Q1  ( juta m3/tahun )
Potensi Air Tanah Dalam
Q2  ( juta m3/tahun )
Bitung-Ratahan
703
50
Batuputih
131
  9
              J u m l a h
834
59


DATA POTENSI AIR TANAH 
PADA BEBERAPA TITIK PENGEBORAN AIR TANAH 
DI KOTA BITUNG


No

LOKASI

KEDA-
LAMAN
(m)

TMA
(m)

DEBIT
(L/dtk)

LITOLOGI AKUIFER

KEL
KEC
1
Sagerat
Matuari
100
6
0,17
Tufa halus/lempung Pasiran-pasir Lempungan
2
Manembo-nembo
Matuari
50
0,5
2,4
Pasir kasar - kerikilan
3
Manembo-nembo
Matuari
45
0,1
1,5
Tufa kasar/pasiran, batu apung dan tufa lapili
4
Madidir Weru
Madidir
45
0,5
1
Pasir kerikilan, batu apung
5
Bitung Barat I
Maesa
60
1
0,37
Tufa kasar dan tufa lapili
kedalaman 30-50 m

6
Naemundung
Aertembaga
64
4
0,13
Pasir Lempungan, lempung pasiran, tufa halus
Kedalaman 38-59 m



PETA CEKUNGAN AIR TANAH DI PROVINSI SULAWESI UTARA


1 komentar:

  1. terima kasih buat postingannya...
    Mhn bantuannya pak, saat ini saya dlm penyusunan tgs akhir/skripsi ttg penyediaan air bersih di desa rinondoran kabupaten minahasa utara.
    Dmn saya bisa mendapatkan data debit air tanah minimal utk data per kec....
    atas bantuan bpk sy ucpkn trima kasih
    GB

    BalasHapus