Rabu, 30 Agustus 2023

PENAMPILAN ORKES "BUKIT ZAITUN" MENGUNDANG DECAK KAGUM MASYARAKAT SIBARSEL

Talawid-Siau, 29 Agustus 2023. Kemunculan Kelompok musik Orkes "Bukit Zaitun" M'burake - Kampung Talawid saat mengisi acara dalam Ibadah Syukur Hari Ulang Tahun Gereja Pantekosta Solafide Talawid ke-17 malam ini, sungguh menyita perhatian dan mengundang decak kagum Jemaat dan seluruh undangan yang hadir.

Kelompok kesenian yang beranggotakan lebih dari 30 orang yang tergabung dalam kelompok Bukit Zaitun Jemaat GMIST Mahanaim Talawid yang berdomisili di Lindongan IV Kampung Talawid ini, mempersembahkan 2 (dua) lagu pujian masing2 : Bernyanyilah Bagi Tuhan Hua dan Maeng Seng Memadoa. Kelincahan pemusic dalam memetik dawai Gitar, Keroncong dan Tren Bas yang berpadu dengan pukulan Tam-Tam disertai kolaborasi paduan suara pria dan wanita terdengar sebagai Simponi yang merdu dan menghibur hati. Tak heran dalam setiap akhir pentas, mereka selalu mendapatkan aplaus yang meriah dari segenap hadirin dan undangan yang ada. 

Bapak Ivandy Hontong , sebagai pemimpin Orkes ini, ketika diwawancarai usai ibadah menuturkan bahwa keberadaan orkes yang baru berusia 4 (empat) bulan ini merupakan swadaya anggota kelompok, beberapa alat music berupa keroncong dan Tren Bas merupakan buah karya anggota kelompok, sedangkan Gitar yang berjumlah 2 (dua) unit serta Tam-Tam berjumlah 1 unit merupakan milik pribadi yang dipinjamkan kepada kelompok. "Kami mendapatkan fasilitas ini baik melalui peminjaman dari keluarga serta swadaya kelompok yang didasari pada keinginan untuk bersekutu dan melayani Tuhan" demikian tutur salah seorang ASN pada Inspektorat Kab. Kepl. Sitaro ini. 

Ketika ditanyai tentang kelengkapan alat music, pegawai yang awalnya mengabdi sebagai Tata Usaha di SMP Negeri 1 Ondong Siau dan sempat dipindahkan pada Dinas Pendidikan ini bertutur bahwa untuk kategori orkes, alat music yang ada sudah hampir komplit, kalaupun akan ditambahkan, adalah untuk satu jenis alat music Bambu Tunta dan penambahan 1 Unit Gitar serta 4 Unit Keroncong. Alat yang ada saat ini yakni : 2 Unit Gitar, 9 Unit Keroncong, 1 Unit Tren Bas dan 1 Unit Tam-Tam. 

Sebagai catatan, masyarakat Kampung Talawid dan Kampung Mahuneni ketika.masih berada pada satu Kampung sejak dulu sangat familiar dan mahir dengan permainan alat music. Pada dasawarsa 80an kaum pria dari 2 (dua) jemaat GMIST Sentrum Talawid dan GMIST Mahanaim Talawid sempat memiliki kelompok music kulintang dan juga kelompok music bambu. Untuk dua kategori music dimaksud bahkan seringkali dilakukan perlombaan yang juga mengikutsertakan kelompok music yang sama dari berbagai gereja yang ada di wilayah Kecamatan Siau Barat. Namun sayangnya keberadaannya kemudian menghilang hingga saat ini.

Dengan kemunculan kelompok music orkes Bukit Zaitun dari M'burake ini, diharapkan kembali menggairahkan minat seni khususnya seni music di kalangan masyarakat Kampung Talawid dan Kampung Mahuneni bahkan secara umum pada masyarakat Kecamatan Siau Barat Selatan, sebab tentunya akan berdampak positif, baik dalam membentuk minat dan karakter masyarakat, juga menunjang pertumbuhan sektor pariwisata di Kecamatan yang terkenal memiliki banyak objek wisata pantainya ini. (FD).







Tidak ada komentar:

Posting Komentar