Selasa, 21 Maret 2023

Buku Adat Istiadat Daerah Sulawesi Utara

Pertama kali saya menjumpai buku ini di Perpustakaan Daerah Maluku sekitar Tahun 1996. Saya ingat karena tahun tersebut, saya masih tercatat sebagai Mahasiswa Teknik Sipil pada Universitas Kristen Maluku (UKIM ) Ambon, dan seringkali ke Perpustakaan Daerah Maluku untuk membaca serta meminjam buku yang saya sukai. Untuk meminjam buku dan membawa pulang ke rumah tentunya harus memiliki Kartu Perpustakaan.

Kondisi bukunya agak Kumal, dan terkesan kurang diperdulikan, mungkin karena sedikit sekali orang yang tertarik membaca buku seperti ini. Pustakawan pun menaruhnya hanya pada rak buku yang paling belakang, diantara buku2 lainnya yang senasib, bukan pada deretan rak buku Budaya atau sejenisnya. Meskipun demikian harus diakui bahwa buku ini masih tercatat dalam indeks buku milik Perpusda Maluku, sehingga dapat diketahui masih ada, bahkan terdapat 2 buku. 

Yang membuat saya tertarik akan buku tersebut, adalah karena isinya yang juga membahas tentang Adat Istiadat Daerah Sangir Talaud, yang memang diakui sangat sedikit dieksplorasi dan dieksploitasi hingga menjadi sebuah buku bacaan maupun referensi bagi yang membutuhkannya. Salah satu adat yang masih membekas dalam ingatan saya, yang tertulis dalam buku ini adalah tentang tatacara adat "dumaleng u wera" yakni upacara adat peminangan atau biasa juga disebut "maso minta". Praktek mana, ketika masih kanak-kanak, saya menjadi saksi mata akan keberadaanya yang khas. Yang sekarang telah bergeser nilai keasliannya. 

Hampir setahun yang lalu, tepatnya pada 25 Juli 2022, saya akhirnya mendapatkan buku ini, setelah mensearchnya di Aplikasi Belanja on line Shopee. Kemudian meminta bantuan anak saya yang Sulung di Jakarta untuk memesannya dan mengirimkannya kepada saya. Maklum untuk memesan buku dari Shopee ke Siau, tidak segampang dari Lazada. Disamping masa itu belum ada agen untuk Shopee di Siau, Ongkirnya juga cukup mencolok. Tapi apa mau dikata, hanya di Shopee lah keberadaan buku ini dapat ditemukan, itupun stoknya sangat terbatas, hanya 1. 

Hmmmmmm..... Semoga buku ini dapat kembali naik cetak, sebab saya yakin masih diperlukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar