Minggu, 01 Januari 2023

DALAM PERLINDUNGAN DAN PENYERTAAN TUHAN. Kel. 13 : 17 - 22

Oleh : Pdm. Fredrik Dandel, ST, STh, MAg.(Cand.)
Peristiwa keluarnya Bangsa Israel dari Tanah Mesir menuju ke Tanah Perjanjian (Kanaan) menjadi suatu sejarah penting bagi kehidupan mereka. Boleh dikatakan bahwa ini merupakan hari kemerdekaan atau hari kemenangan Bangsa Israel dari perbudakan.
Begitu pentingnya hari dimaksud, sehingga Allah sendiri berkenan menetapkannya sebagai permulaan segala bulan bagi bangsa itu. Keluaran 12:1-2 (TB) Berfirmanlah TUHAN kepada Musa dan Harun di tanah Mesir: "Bulan inilah akan menjadi permulaan segala bulan bagimu; itu akan menjadi bulan pertama bagimu tiap-tiap tahun. (Bulan Abib: Kel.13:4; kemudian disebut bulan Nisan, Est. 3:7. Nisan = permulaan; bulan pertama. Sampai sekarang Nisan adalah bulan pertama dalam Tarikh Ibrani, sekitar bulan Maret - April).
Suatu berkat yang dianugerahkan oleh Tuhan kepada Bangsa Israel dalam mengawali langkah hidup mereka di bulan pertama (Tahun Baru) ini adalah bahwa mereka berada Dalam Perlindungan dan Penyertaan Tuhan. Hal ini dibuktikan melalui beberapa hal penting, yakni :
PERTAMA : PASKAH (KUASA KORBAN KRISTUS). Kel. 12:1 dst.
Ketika Allah menghukum Firaun dan seluruh tanah Mesir dengan kematian anak sulung. Pada setiap rumah orang Israel ada perlindungan Tuhan. Perlindungan mana harus ditandai dengan darah anak domba jantan yang tidak bercela, yang dibubuhkan pada kedua tiang pintu dan ambang atas rumah orang Israel yang memakan Paskah.
Paskah merupakan suatu ketetapan yang dibuat oleh Tuhan bagi Bangsa Israel secara turun temurun. Paskah bhs Ibrani : Pesakh; bhs. Aram : Pasgha; bhs. Yunani : Paskha. Arti dasarnya: meloncat, melewati/menyayangi. Paskah merupakan Perayaan pembebasan bangsa Israel dari Mesir. Anak-anak sulung orang Mesir dibunuh, tetapi pintu-pintu rumah orang Ibrani "dilewati". Peristiwa itu diperingati dengan mengadakan perjamuan Paskah yaitu makan "korban Paskah" atau anak domba Paskah itu (Kel 12:23-28, Kel 12:43-51).
Paskah dalam Perjanjian Baru merujuk kepada Yesus Kristus yang disebut sebagai "anak domba Paskah" (1 Kor 5:7) atau "Anak Domba yang disembelih" (Wahyu 5:6). Ini menyangkut korban yang menyelamatkan kita. Yesaya 53:10 (TB) Tetapi TUHAN berkehendak meremukkan dia dengan kesakitan. Apabila ia menyerahkan dirinya sebagai korban penebus salah...
Matius 26:2 (TB) "Kamu tahu, bahwa dua hari lagi akan dirayakan Paskah, maka Anak Manusia akan diserahkan untuk disalibkan."
1 Petrus 2:24 (TB) Ia sendiri telah memikul dosa kita di dalam tubuh-Nya di kayu salib, supaya kita, yang telah mati terhadap dosa, hidup untuk kebenaran. Oleh bilur-bilur-Nya kamu telah sembuh.
Perlindungan dan Penyertaan Tuhan bagi umatNya adalah melalui Kuasa Korban Kristus.
KEDUA : ANAK SULUNG (MILIK KEPUNYAAN TUHAN). Kel. 13 : 1 - 2
Allah menghendaki setiap anak sulung menjadi milik kepunyaan-Nya, sebagaimana Allah memilih umat Israel sebagai anakNya yang sulung. (Kel. 13:1-2; Kel 4:22). Sebagai anak sulung (milik kepunyaan Tuhan), tentunya memiliki banyak keistimewahan. Seorang anak sulung diberikan hak dua bagian (dua kali lipat) lebih banyak dari yang lain. (Ul. 21:17), dan berhak naik Tahta (2 Taw. 21:3).
Yesus Kristus adalah Anak Sulung diantara banyak saudara (Mat. 1:25; Luk. 2:7; Rom 8:29). Ia adalah yang sulung dari segala yang diciptakan (Kol. 1:15). Demikianpun saya dan saudara sebagai Jemaat Tuhan, kita disebut juga sebagai anak-anak sulung (Ibr. 12:23). Pemimpin Jemaat (Gembala Jemaat) merupakan anak sulung dalam Jemaat Tuhan. Mereka patut dihargai dan dihormati (I Tim. 5:17).
Perlindungan dan Penyertaan Tuhan bagi umatNya adalah menjadikan umatNya sebagai milik kepunyaan Allah dan berhak menerima berkat ganda (Berkat Double Porsion).
KETIGA : TIANG AWAN DAN TIANG API (KUASA FIRMAN ALLAH). Kel. 13 : 21 - 22.
Allah menuntun perjalanan umat Israel melalui cara yang luar biasa, yakni Tiang Awan di siang hari dan Tiang Api di malam hari. Berjalan di Padang Gurun yang luas, membutuhkan tuntunan kuasa Allah yang besar itu. Tiang Awan di siang hari, melindungi umat Israel dari teriknya panas matahari di Padang Gurun. Sedangkan Tiang Api di malam hari menjadi penerang di tengah kegelapan sekaligus juga menghangatkan dari kedinginan.
Tiang Awan dan Tiang Api merujuk kepada Kuasa Firman Allah yang menjadi penuntun perjalanan orang percaya baik siang maupun malam. Yosua 1:8 Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung. Mazmur 1:1-3 Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh, tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam. Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil.
Perlindungan dan Penyertaan Tuhan bagi umatNya dalam Kuasa Firman-Nya menjadikan kita mampu melewati berbagai macam tantangan hidup ini, di tengah kesukaran apapun bentuknya, Tuhan akan membuat kita berhasil, dan menjadi lebih dari pemenang. Haleluyah.
MARILAH MENGAWALI TAHUN BARU 2023 INI DENGAN MENYERAHKAN HIDUPMU DALAM PERLINDUNGAN DAN PENYERTAAN TUHAN, MELALUI KUASA KORBAN KRISTUS, DENGAN MENJADI MILIK KEPUNYAAN TUHAN DAN DALAM KUASA FIRMAN TUHAN. AMIN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar