Selasa, 18 September 2012

Kota Bitung - Icon Kota Bhineka Tunggal Ika di Indonesia.

Oleh : Fredrik Dandel, ST.


Kota Bitung, Prov. Sulawesi Utara yang sering juga disebut sebagai Kota Bahari, ternyata bukan hanya terkenal dengan hasil kekayaan laut yang melimpah. Kehidupan umat yang beraneka ragam budaya, bahasa dan suku bangsa menjadikan kota Bitung layak dijadikan sebagai icon Kota Bhineka Tunggal Ika di Indonesia.  
Patung Ikan di Kota Bitung.

Memang tidaklah berlebihan jika gelar tersebut disandang pada kota dengan segudang prestasi ini.  Keterdapatan bangunan tempat ibadah dari berbagai aliran kepercayaan, antara lain : Islam, Katolik, Kristen Protestan, Hindu, Budha, Konghucu dan lain-lainnya, menjadi salah satu bukti yang menguatkan argumen tersebut.

Keanekaragaman kepercayaan di Kota Bitung, tidak menjadi alasan bagi kelompok masyarakat untuk saling bermusuhan. Suasana yang aman, rukun dan damai dapat kita temui disetiap titik pemukiman masyarakat. Kondisi seperti begini tentunya tidak terlepas dari kesadaran atau rasa toleransi yang tinggi dari masyarakat serta kebijakan para pemimpin kota ini.

Berikut saya sajikan bangunan tempat ibadah dari berbagai kepercayaan yang ada di Kota Bitung. Seluruh hasil foto tersebut merupakan koleksi pribadi penulis. Kiranya dapat dijadikan sebagai contoh toleransi kehidupan antar umat beragama di daerah lain .............. !!!

1. Mesjid.
Mesjid Girian Weru di Girian, Kota Bitung.
  2. Gereja Protestan.
GMIM Sentrum Kota Bitung.
GMIM Tasik Wangurer Barat.
  3. Gereja Katolik.
Gereja Katolik Santa Familia Sagerat.
 4. Klenteng.
Klenteng Seng Bo Kiong.
5. Pura.
Pura Agung Utara Segara.
 6. Tempat Ibadah Agama Konghucu.
Tempat Ibadah Agama Konghucu Bitung.

2 komentar:

  1. Salam Kenal Pak, Saya David Tambunan dari Dinas Pariwisata Bitung, Saya mau minta ijin download foto-foto dan informasinya pak untuk kebutuhan dokumentasi dan promosi wisata.trims.Gbu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan Pak David, kalau untuk kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat tentunya diperbolehkan.
      Maaf baru sempat dibalas.

      Hapus